Thursday, December 26, 2019

Menengok Proses Pembuatan Legen di Desa Maneron

Bangkalan, (21/12/2019). Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UTM diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana proses produksi legen yang ada di Desa Maneron, Kecamatan Sepuluh.

Masyarakat sekitar desa maneron rata-rata mayoritas bekerja sebagai petani. Salah satunya adalah petani yang kesehariannya mencari air nira yang disadap dari pohon nira. Pohon nira menghasilkan air yang berlimpah tetapi musim panen sekitar sampai 1-2 bulan sekali. Petani yang ingin mengambil air harus menaiki pohon hingga di atas pohon untuk kemudian dipasang bambu yang ditancapkan ke dahan atas yang kemudian akan menetes airnya.

Dokumentasi. Petani sedang memanjat mengambil air nira

"Setelah mengambil air nira dari Pohonnya maka proses selanjutnya adalah proses perebusan selama 2-3 jam dan tinggal menunggu dingin untuk menjadi minuman legen." Ujar bapak petani legen.





Biasanya setelah menjadi legen, masyarakat akan menjual legen dengan kemasan botol 500ml yang dijual dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. Harganya sangat terjangkau bukan?, Kalian bisa menemui penjual minuman legen dipinggir jalan raya desa Maneron.


No comments:

Post a Comment

Produk Unggulan Desa | Selai Siwalan

Pohon lontar banyak tumbuh di daerah Desa Maneron yang buahnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam membuat makanan. Nama buahnya ada...