Friday, July 5, 2019

Permen Jagoan Neron Ala Desa Maneron



Buah siwalan merupakan salah satu khas Desa Maneron, biasanya siwalan ini di jadikan sebagai legen dan gula siwalan. Namun, di tangan KKN 15 tahun 2019 ini mengkreasikan buah siwalan yang sudah di proses menjadi gula siwalan ini sebagai permen. Bentuk, warna, dan tekstur dari gula siwalan ini mirip seperti gula merah pada umumnya, yang membedakannya adalah rasanya. Gula siwalan ini tidak terlalu semanis gula merah, dan lebih halus dari pada gula merah. Permen merupakan makanan atau jajanan yang sangat diminati di berbagai kalangan, sehingga sangat bisa untuk dikemas dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat Desa Maneron. Nah, mari kita pelajari cara untuk membuat Permen Jagoan Neron atau permen siwalan ini.
Membuat Produk Permen dari Gula Siwalan
Bahan : - Gula siwalan yg sudah di cairkan,
             - Gula pasir
             - Air putih
             - Tepung terigu.
Cara pembuatan : - Siapkan wajan lalu masukkan air putih 7 sendok makan
                             - Setelah itu masukkan gula pasir 6 sendok makan.
                             - Tunggu hingga gula pasir hingg larut.
                             - Setelah larut, masukkan gula siwalan yg sudah dicairkan.
                             - Aduk hingga mendidih dan adonan mengental.
                             - Setelah itu adonan siap dibentuk menjadi permen sesuai keinginan masing-                                            masing.
Permen siwalan ini bisa diberi rasa seperti jahe, kacang, atau perasa buah sesuai dengan selera Anda. Permen siwalan ini sangat aman karena tidak menggunakan pengawet sama sekali dan tentu saja aman juga untuk anak-anak. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Produk Unggulan Desa | Selai Siwalan

Pohon lontar banyak tumbuh di daerah Desa Maneron yang buahnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam membuat makanan. Nama buahnya ada...