Thursday, July 25, 2019

“KAMI BUTUH GURU !”


“Kami Butuh Guru !”, kalimat itulah yang dirasakan oleh murid-murid yang sedang mengemban ilmu di Sekolah Dasar Maneron 2 yang terletak di Dusun Binoloh Desa Maneron Kec.Sepuluh Kab.Bangkalan.
          Sekilas sekolah ini terlihat seperti bangunan sekolah pada umumnya tetapi setelah kita masuk ke kelasnya langsung , kita cukup terkejut saat melihat jumlah siswa yang sedikit. Jumlah seluruh siswa-siswi yang ada di sekolah ini dapat dihitung dengan jari yaitu hanya berjumlah 12 orang dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Dimana kelas hanya terdiri dari 3 ruangan saja. Tidak ada ruang guru, tidak ada ruang TU, tidak ada ruang UKS, dan lain-lain. 
          Hal ini terjadi dikarenakan kepercayaan orang tua dari anak-anak sekitar sekolah tersebut tidak ada lagi dan jumlah guru yang mengajar di sekolah ini hanya ada 1 orang saja. Dahulu sebelum tahun 2014 sekolah ini menjadi sekolah yang paling banyak muridnya dan jumlah guru yang mengajar juga banyak, tetapi dikarenakan kepala sekolah yang dulu dan guru-guru yang jarang masuk membuat orang tua kehilangan kepercayaannya untuk menyolahkan  anaknya disini. Ibu Umu selaku satu-satunya guru yang berhati mulia yang masih mengajar di SD Maneron 2 ini. Beliau harus mengajar seluruh kelas sekaligus dan di 3 ruangan yang bersebelahan.
          Sekolah ini terancam akan ditutup dan diberhentikan karena jumlah guru dan muridnya tidak sesuai standart. Namun, Pak Joko selaku kepala sekolah menolak dan meminta jangka waktu selama 3 tahun untuk memajukan sekolahnya. Jadi tidakkah hati Anda para guru-guru atau siapapun terketuk untuk mengabdikan diri pada negara dengan menjadi guru di SD ini ? 
          Bagi siapapun yang berhati mulia ingin mengabdikan diri dengan menjadi guru di desa ini dan ingin bertanya seputar sekolah ini silakan DM Instagram kami KKN15_utm. Ini semua bukan tentang kami ingin mencari popularitas ini juga bukan termasuk dari Progam Kerja kami tapi in itentang bagaimana kami berusaha memajukan dunia pendidikan dengan hal yang paling sederhana yaitu dengan 1 kata PEDULI.

1 comment:

Produk Unggulan Desa | Selai Siwalan

Pohon lontar banyak tumbuh di daerah Desa Maneron yang buahnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam membuat makanan. Nama buahnya ada...